Minggu, 20 Februari 2011

Terlalu Banyak Nonton TV Dapat Meningkatkan Resiko Serangan Jantung

12947283571068362580
http://www.clevelandwomen.com/pro/eye-tv.htm

Sebuah penelitian membuktikan bahwa menghabiskan waktu luang di depan TV atau komputer dapat memberikan efek negatif pada jantung dan memperpendek umur. Parahnya lagi, olahraga yang teratur tidak dapat menetralisir dampak tersebut.

 Mereka yang menghabiskan waktu luang minimal 4 jam per hari untuk nonton TV, main video game, ataupun komputer (tidak termasuk waktu yang dihabiskan selama bekerja), beresiko terkena serangan jantung ataupun stroke 2x lipat dibandingkan dengan mereka yang menghabiskan waktu untuk kegiatan tersebut di bawah 2 jam.
Menurut Emmanuel Stamatakis, peneliti dari University College London, UK, studi ini tidak membuktikan bahwa nonton TV atau bermain video game tidak sehat. Yang menjadi biang keladinya adalah ‘duduk’ yang dilakukan selama kegiatan tersebut. Mengapa ‘duduk’ yang berkepanjangan tidak sehat, masih menjadi tanda tanya. Namun, berdasarkan penelitian yang dilakukan pada hewan, ‘duduk’ yang berkepanjangan memperlambat kerja enzim yang menguraikan lemak dalam darah. Akibatnya konsentrasi kolesterol dalam darah melambung dan menciptakan sumbatan pembuluh darah di sana-sini.
Selain itu, studi juga membuktikan bahwa orang cenderung untuk mengkonsumsi camilan yang tidak sehat ataupun ‘junk food’ selama nonton TV.
Saat ini Stamatakis dan rekannya tengah meneliti apakah berdiri ataupun berjalan dapat menjadi jurus pamungkas untuk mengatasi efek negatif dari duduk yang berkepanjangan. Oleh sebab itu, hingga hasil penelitian tersebut rampung, cara terbaik untuk menangkalnya adalah mengurangi duduk di bawah 4 jam.
sumber : http://kesehatan.kompasiana.com/medis/2011/01/11/terlalu-banyak-nonton-tv-dapat-meningkatkan-resiko-serangan-jantung/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar